Pelajar, diharuskan Canangkan Penanman Pohon

LAPOS, Lahat – Untuk menjaga kelestarian lingkungan, Bupati Lahat H Saifudin Aswari Riva’I SE belum lama ini telah mencanangkan gerakan menanam pohon dan bunga di seluruh sekolah di daerah itu.
Aswari mengatakan, isu lingkungan hidup sangat strategis dan menjadi perhatian seluruh dunia. Kerusakan hutan terjadi di mana-mana, untuk itu dukungan semua pihak sangat diharapkan dalam menjaga kelestarian lingkungan.
“Telah kita umumkan sebelumnya, bahwa sangat penting sekali kelestarian lingkungan supaya dapat dijaga. Apalagi kita telah mencanangkan supaya setiap sekolah harus berusaha melakukan penanaman pohon dan bunga,”katanya.
Dikatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan menanam pohon dan bunga di lingkungan sekolah guna meningkatkan pemahaman terhadap kelestarian lingkungan bagi para pelajar. “Karena kita inginkan sekali khususnya para pelajar yang ada di Kabupaten Lahat ini, dapat mencanangkan apa yang kita harapkan. Supaya Lahat ini tetap hijau,”ucapnya.
Implementasi kebijakan pendidikan lingkungan hidup baik melalui pendidikan formal dan nonformal diarahkan agar semua pihak dapat melakukan peningkatan sumber daya manusia yang dapat memanfaatkan potensi sumber daya alam dengan tidak merusak lingkungan.
“Salah satu usaha yang dilakukan dengan menjaga dan melestarikan lingkungan hidup, khususnya kepada pelajar untuk dapat menumbuhkan rasa cinta dan peduli terhadap lingkungan. Terpeliharanya sumber daya alam dan mengupayakan terciptanya lingkungan yang sehat merupakan basis bagi kualitas kehidupan,”ujar Wari.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lahat Drs H Suhirdin MM mengatakan, kegiatan menanam pohon dan bunga yang dilaksanakan di setiap sekolah merupakan langkah awal, terhadap pelajar untuk menghijaukan sekolah serta hijaukan Kabupaten Lahat.
“Kegiatan menanam pohon dan bunga bertujuan untuk menumbuhkan rasa kesadaran dalam memelihara dan menjaga lingkungan, dan berpartisipasi secara langsung dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup,”imbuhnya.
Tak hanya pihak pemerintah dan pelajar saja yang akan berusaha mencanangkan penanaman pohon serta bunga di sekolah melainkan pihaknya telah melakukan kerja sama dengan pihak ketiga yang ikut berpartisipasi dalam menghijaukan Kabupaten Lahat umumnya. (18)

Labels:



Leave A Comment:

Copyright © Lahat pos.