Dapat Satu Vasektomi Rp 200 Ribu






VASEKTOMI: Bupati Empat Lawang H Budi Antoni Aljufri SE MM didampingi Kepala Badan KB H Syahril S Ip MM melihat langsung teknis operasi vasektomi, Selasa (8/6).

LAPOS, Empat Lawang - Badan Keluarga Berencana (BKB) Empat Lawang siap memberikan penghargaan kepada petugas lapangan keluarga berencana (PLKB). Bila mampu mendapatkan peserta vasektomi (KB laki-laki, red) di Kabupaten Empat Lawang. Demikian disampaikan Kepala BKB Empat Lawang H Syahril S Ip MM pada acara pelayanan medis KB perempuan dan laki-laki di Empat Lawang, Selasa (8/6). “PLKB akan mendapatkan penghargaan berupa bantuan dana Rp 200 ribu untuk satu peserta vasektomi,” ujarnya.
Selanjutnya mengatakan, patut diakui memang mencari peserta vasektomi sedikit sulit dibandingkan tubektomi. Karena ya itu tadi, banyak dari kalangan laki-laki belum mampu menerima itu. Makanya, ini sering disampaikan pada setiap sosialisasi dan pelayanan KB di tingkat pedesaan. Agar masyarakat bisa memahami tentang program KB yang sebenarnya dan bukan hal yang menakutkan.
“Sering kita sampaikan mengenai vasektomi dan tubektomi di setiap kegiatan penyuluhan KB di Empat Lawang,” kata Syahril seraya mengatakan salah satu cara untuk memberikan semangat para PLKB di lapangan ya dengan cara memberikan mereka penghargaan berupa bantuan dana Rp 200 ribu bila mendapatkan satu orang peserta.
Mantan Kepala Dinas Pendidikan, dan satu-satunya bergelar magister manajemen pendidikan di Empat Lawang ini menambahkan, pelayanan medis KB ini merupakan kerja sama langsung dengan BKKBN Sumsel. Disini pihaknya juga siap menunjang dan mempertahankan BKKBN Sumsel sebagai provinsi terbaik pertama secara nasional dalam pelayanan KB. “Untuk pelayanan medis KB perempuan dan laki-laki, penanganannya langsung dilakukan tim dokter yang ahli di bidangnya dari RSMH Palembang,” tambahnya.
Sementara itu, Kabid KB Badan KB Empat Lawang, Iis Juairiah Khairullah menambahkan, pelayanan medis KB perempuan dan laki-laki berjalan sukses. Ini berkat kerja sama yang baik Pemerintah Kabupaten Empat Lawang dengan BKKBN Sumsel. Mengenai peserta KB, vasektomi berjumlah 10 orang sedangkan tubektomi mencapai 53 orang.
Pada kesempatan itu, Bupati Empat Lawang H Budi Antoni sempat menghadiri dan meninjau aktifitas pelayanan medis KB di Empat Lawang. Sesekali juga berdialog bersama peserta vasektomi dan tTubektomi. (14)

Labels:



Leave A Comment:

Copyright © Lahat pos.