Animo SMKN 1 Meningkat Dua Kali Lipat


LAPOS, Lahat – Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Lahat pada tahun ajaran baru 2010/2011 mengalami peningkatan draktis sebesar 100 persen dibandingkan tahun ajaran lalu.

Seperti yang diungkapkan Kepala SMKN 1 Lahat Drs Sutoko didampinggi Waka kesiswaan Drs Ruslan mengatakan, dengan peningkatan animo siswa yang bersekolah di sekolah tersebut, tentu upaya yang dilakukan oleh SMKN 1 Lahat dapat melakukan pembangunan pelayanan intelektual.

“Memang kita akui, SMKN 1 Lahat ini tahun ajaran baru ini animo siswa yang ingin menjadi siswa di sekolah kita ini cukup banyak sekali. Karena SMKN 1 Lahat ini sudah berskala internasional,”katanya.

Dijelaskan lagi olehnya, SMKN 1 Lahat telah melakukan terobosan baru terhadap siswa. Diantaranya, memproritaskan dunia usaha di Asia Tenggara, memperdayakan siswa alumni dari SMKN 1 Lahat menempatkan tenaga kerja di Asia Tenggara, serta SMKN 1 Lahat melakukan program studi yang sesuai dengan pasar tenaga kerja.

“Kita telah melakukan berbagai terobosan untuk memajukan SMKN 1 Lahat ini. Dimana terobosan tersebut telah kita lakukan terutama untuk memproritaskan dunia usaha kerja bagi siswa di sekolah ini,”ucapnya.

Dikatakan Sutoko, tahun ini SMKN 1 Lahat akan membuka dua jurusan lagi yakni untuk jurusan teknik Geologi Tambang dan teknik informatika jaringan (TIJ). “Jadi dengan adanya penambahan jurusan baru ini, SMKN 1 Lahat telah mempunyai 10 program jurusan yakni, jurusan teknik pertukangan, teknik beton, teknik Audio Vedio, teknik instilasi listrik, pemesinan, teknik las, teknik kendaraan ringan, dan teknik sepeda motor,”katanya kembali.

Menurut Sutoko, untuk ajaran baru 2010, SMKN 1 Lahat akan membentuk program pembelanjaran yang diterapkan bagi setiap siswa. Diantaranya menerapkan menerapkan mata pelajaran diklat berstaraf internasional dengan bidang Bahasa Ingris.

“Bahasa Inggris akan kita terapkan untuk seluruh siswa. Bahkan kita akan buka multi media,”terangnya.

Tak hanya program tersebut, melainkan 2010/2011 SMKN 1 Lahat akan melaksanakan Bisinis Center (BC) untuk kemampuan siswa dalam memproduksi teknologi ciptaan sendiri dari SMKN 1 Lahat yang akan diperuntukan bagi masyarakat. “Dengan adanya BC ini, tentunyan produk teknologi dari SMKN 1 Lahat yang dibuat oleh para siswa dapat dipasarkan yakni kita akan membuat sendiri sebuah laptop Advan SMKN 1 Lahat,”tegasnya.

Bahkan dengan mendirikan BC dari SMKN 1 Lahat, ditegaskan Sutoko merupakan anjuran dari Bupati Lahat bahwa SMK merupakan lembaga basis yang dapat mewujudkan perubahan khususnya ahli teknologi yang mampu membantu untuk kepentingan masyarakat.

“Memang kita mengharapkan supaya SMK terutama SMKN 1 Lahat dapat mewujudkan perubahan khususnya ahli di biang teknologi,”paparnya.

Sementara Ruslan menamahkan, untuk tahin ajaran 2010/2011 jumlah siswa baru mencapai 900 siswa. “Peningkatan tahun ini naik dua kali lipat, yakni tahun lalu jumlah siswa yang masuk ke SMKN 1 Lahat mencapai 400 orang, sedangkan tahun ini 900 orang,”pungkasnya. (18)


Labels:



Leave A Comment:

Copyright © Lahat pos.