Ajak Warga Tanam Jagung Manis


Foto: gazali/LAPOS




LAPOS, Kikim Tengah - Dalam memperkenalkan budidaya jagung manis kepada masyarakat sekitar dan mengajak untuk bertanam jagung. Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTD) Balai Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehuntanan (BP3K) Tanjung Aur Kecamatan Kikim Tengah melakukan percontohan bibit jagung manis agar masyarakat dapat melakukan penanaman secara baik dan benar.
Lokasi kebun jagung percontohan tersebut terletak di sebelah kantor UPTB BP3K Tanjung Aur. “Bibit jagung manis yang kita budidayakan ini kualitas baik sehingga masyarakat dapat melihat langsung hasil dari bibit tersebut dan cara budidayanya,” kata Kepala UPTD BP3K Johanuddin SP melalui Kasubag TU Suhandoyo.
Menurut Suhandoyo, jagung manis ini dilakukan penanaman sejak 30 Maret 2010, dan akan dipanen pada 10 Juni 2010.
Luas tanah 0.5 hektar sekitar 3.000 batang jagung yang ditanam dan sebanyak 321 batang yang roboh karena diterpa angin sedangkan saat survei jagung jantan sebanyak 95% dan betina 75%. Lama penanaman 70 hari dan a hama yang ada hanya babi hutan. Dalam penanaman setiap lobang dengan satu biji bibit sehingga dapat dilihat hasilnya secara nyata.
Menurutnya, jagung manis tersebut sangat baik pertumbuhanya sehingga mempunyai batang yang tinggi dan tongkolnya besar-besar sehingga masyarakat sudah banyak yang tertarik untuk membudidayakan.
Selain itu UPTB BP3K akan melakukan pembinaan cara budidaya yang baik agar jagung manis ini dapat tumbuh secara benar. “Diharapkan dapat menarik masyarakat untuk menanam jagung manis, nanti akan dilakukan cara menanam dan perawatan jagung manis ini kepada masyarakat agar dapat tumbuh dengan baik,” lanjut Suhandoyo kepada Lapos Selasa (8/6).
Masyarakat sudah mulai antusias untuk melihat tanaman jagung manis tersebut dan hasil akan dapat dilihat dari panen nanti. “Jagungnye lain nian batang besak-besak dan tongkolnye juge besak iluk nian nik dibudidayekah,” kata Razak, warga Kikim Tengah. (mg10)

Labels:



Leave A Comment:

Copyright © Lahat pos.