Sekolah Respon Terapkan Budi Pekerti







LAPOS, Lahat - Bupati Lahat H Saifudin Aswari Rivai SE yang mengusulkan beberapa waktu lalu agar mata pelajaran budi pekerti dimasukkan dalam kurikulum dalam tahun ajaran 2010/2011. Sudah mendapat respon positif dari sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Lahat.
Drs H Suhirdin MM melalui Kabid Dikmen Mardjono Marcon MM menjelaskan, pihak Disdik Lahat sebelumnya sudah memberikan himbauan kepada sekolah-sekolah untuk membuat pelajaran budi pekerti sebagai kontrol sosial terhadap siswa dan masyarakat sekolah.
“Mengingat jaman semakin maju dan perkembangan teknologi bila tidak dibarengi budi pekerti yang baik dapat menjerumuskan anak-anak. Perlunya control sosial dari orang tua dan pendidik tentu akan menghasilkan generasi muda berkualitas dan berkarakter seperti yang diharapkan,” ucapnya.
Seperti SMP Negeri 1 Merapi Selatan Lahat, yang sudah melaksanakan mata pelajaran budi pekerti mulai tahun ajaran 2010/2011. Jelas Kepala Sekolah Agus Taufiqurrohman melalui Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kurikulum Solikhin mengatakan, pihaknya sudah memulai pelajaran budi pekerti.
Tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan akhlak siswa, sebagai kontrol dari tingkah laku dan perangai serta yang paling penting menanamkan moral dan kebaikan pada siswa. Dari guru tersebut juga bekerja sama dengan guru lainnya untuk saling mengontrol siswa dan memberi contoh yang baik, papar Solikhin.
“Jadi tidak lewat agama saja kita memasukkan budi pekerti ini, tapi kita konrol dari jam belajar siswa kita memberikan reward (hadiah) atas perilaku yang baik dan bimbingan juga pengawasan bagi yang melanggar,” kata Solikhin.
Misalnya pihak sekolah tidak hanya mengawasi siswa tapi membuat kartu kendali, jadi misalnya kartu ini digunakan untuk siswa yang sudah membuat sesuatu yang baik. Atau peringatan bagi siswa yang berperilaku tidak baik.
Selain itu dalam hal sosialisasi dengan masyaraakt, siswa juga dipantau dalam hal Sholat Jumat yang berkeliling beberapa desa setiap minggu. “ Jadi kita dapat melihat perubahan siswa tersebut, harapannya jelas dengan belajar dengan baik siswa akan memperoleh ilmu yang bermanfaat dan bisa diamalkan,” kata Solikhin. (18)

Labels:



Leave A Comment:

Copyright © Lahat pos.